Jumat, 10 Februari 2012

Pemanfaatan Urine dan Kotoran Kambing

oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP

Urine kambing merupakan salah satu pupuk organik cair yang belum banyak dimanfaatkan oleh petani. Sementara urine kambing ini mempunyai kandungan unsur N yang tinggi. Potensinya yakni satu ekor kambing dewasa itu dapat menghasilkan 2,5 liter urine/ekor/hari, sedangkan kotoran yang dihasilkannya adalah 1 karung/ekor/2 bulan. Apa yang terdapat dalam kotoran kambing. Beberapa hara penting terkandung di dalamnya. Khusus urine kambing kandungannya sebagai berikut :
1. Nitrogen (N)36,9 – 37,31 %
2. Posfor (P)16,5 -16,8 ppm
3. Kalsium (Ca)0,67 – 1,27 %
Mbeekk..
 

Di Sumatera Barat istilah Burcikam muncul dalam mengistilahkan pupuk yang diramu dari urine dicampur dengan kotoran kambing. Berikut cara pembuatannya :
-          Urine dan kotoran kambing dicampur didalam drum atau baskom dengan perbandingan 1 : 1 (1 liter urine dicampur dengan 1 liter kotoran) dan dibiarkan selama 3 hari.
-          Setelah 3 hari campuran ini diaduk setiap pagi sehingga membentuk bubur.
-          Setelah 10 hari burcikam ini sudah dapat diaplikasikan pada tanaman.
-          Sebelum digunakan burcikam ini dicampur dengan air dengan perbandingan (1:3) yaitu liter burcikam dicampur dengan 3 liter air.

Cara pengaplikasian sama dengan cara pemberian ekstrak tithonia atau urine kambing.

1 komentar:

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...