Rabu, 08 Februari 2012

Amarilis, Si Cantik Pengobat Luka

Oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP

Hanya alang alang pagar rumah kita
Tanya anyelir, tanpa melati
Hanya bunga bakung tumbuh di halaman
Namun semua itu punya kita
Memang semua itu milik kita

Kita semua pasti tau petikan dari lagu populer di atas. Rumah Kita karya Godbless (Lirik Lagu Rumah Kita). Dalam lagu tersebut kita mendapatkan beberapa jenis bunga salah satunya bunga bakung.  Lagu rumah kita sendiri secara garis besarnya menggambarkan keprihatinan karena tingginya angka urbanisasi ke kota yang dengan kondisi “serba tak pasti” dan meninggalkan kebersahajaan kehidupan nyaman di desa. Kembali ke bunga bakung- si cantik bahasan kita kali ini. Bunga bakung sendiri dalam lagu ini digambarkan kondisi bersahaja dan sederhana yang dilambangkan dengan tresebut. Sebenarnya bagaimana si cantik ini. Konon katanya selain cantik, amarilis juga sang pengobat luka. Dan apa saja kelebihannya yang lain. Mari kita bahas.
Bunga bakung sendiri disebut Amarilis yang merupakan tanaman hias yang cukup umum kita dapati di halaman-halaman rumah. Bunga bakung sendiri walaupun memang terkesan bunga sederhana namun sangat cantik dengan varian warna seperti kuning, merah dan putih. Tanaman Bakung merupakan bagian dari genus lilium, bahasa inggrisnya adalah lily. Teridiri sekitar 110 spesies dalam keluarga bakung (Liliaceae). Bakung mempunyai ketinggian antara 0,5 – 1,25 m. Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan spesies bakung, membentuk umbi polos di bawah tanah
Konon si cantik ini memang terkenal kelebihannya sebagai pengobat luka. Campuran dengan olesan minyak kelapa yang kemudian dilayukan di atas api selanjutnya ditempel ke bagian yang sakit dapat mengobati luka khususnya luka memar.
Selain itu keberadaannya di halaman rumah berdasarkan kepercayaan cina, mesir dan arab sebagai simbol pelindung dari penyakit atau wabah yang menular.

Bunga bakung sendiri secara medis dikenal bermanfaat sebagai analgesic (pereda demam), antibengkak dan juga ekspetoran. Beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari Amarilis adalah :
1.      Mengobati Keseleo dengan cara melayukan daun bunga bakung di atas api kemudian tempelkan pada bagian yang keseleo.
2.      Mengobati Sakit Pinggang dengan cara menhaluskan 10 gram daun bunga bakung dan 10 gram jahe merah, kemudian balurkan ke bagian pinggang yang sakit.
3.      Mengobati sakit gigi dengan cara menumbuk halus akar bunga bakung yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.
4.      Mengobati Borok ( Ulkustripikum ) dengan caranya menumbuk halus daun bunga bakung segar secukupnya, kemudian peras dan airnya di balurkan merata ke bagian borok. 
Melancarkan Buang Air Kecil dengan cara mengoleskan daun bunga bakung dengan minyak kelapa, kemudian di tempelkan pada daerah kandung kencing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...