Jumat, 10 Februari 2012

Kita adalah Produsen Benih Komoditi Buah Paling Produktif

by ICHSAN KURNIAWAN,SP

Sebenarnya merupakan analisa sederhana saja kenapa manusia adalah produsen benih komoditi buah-buahan paling produktif sepanjang masa. Setiap hari, jam, menit maupun detiknya. Betapa tidak. Bayangkan saja, berapa banyak penduduk yang ada dunia ini. Lalu setiap harinya berapa banyak pula masyarakat di seluruh penjuru negeri memakan buah-buahan dengan beragam jenis. Jeruk, lengkeng, apel, anggur, pear, mangga, durian, rambutan, manggis, melon, semangka dan aneka buah lainnya. Buah-buah tersebut adalah komoditi hortikultura dengan hasil budidaya yang dapat langsung dipetik dan dikonsumsi. 
Dan sadar maupun tidak, mengaetahui atau tidak bahwa kegiatan menikmati buah segar tersebut telah membuat kita melakukan ekstraksi benih tersebut.
Pic. by Ichsan K


Detailnya ialah bahwa proses menkonsumsi buah segar dengan memakan daging buah dan menyisakan bijinya sama artinya kita telah memproduksi benih komoditi tersebut.

Sekarang tinggal kita manusia memahami teknisnya agar dia dapat tumbuh subur. Bukankah ini bagian dari belajar (golongan orang-orang yang berfikir-hadist-ayat). Apakah buah tertentu bisa langsung tanam setelah ektraksi yang kita lakukan, atau butuh waktu beberapa lama hari/ bulan untuk kemudian biji tersebut dilempar ke tanah sampai benih tersebut tumbuh, dipelihara sehingga menghasilkan buah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar