Rabu, 01 Februari 2012

Mengenal Manfaat Pacar Air (Impatiens balsamina L)


Oleh : ICHSAN KURNIAWAN
Pacar air. Begitulah sebutan tanaman yang tegak dengan batangnya yang berair. Daunnya berbentuk mata tombak hingga pangkal mempunyai grigi yang tajam. Tinggi tanaman ini sampai 0,8 meter. Tangkai bungab erjumlah 3 buah, sementara kelopak samping 2 mm. Tanaman bermahkota 5 lembar, empat berbentuk jantung terbalik berkuku. Mempunyai bunga yang berwarna warni dengan warna yang agak mencolok.
Tanaman ini hidup semusim. Pacar air yang mempunyai nama ilmiah impatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untuk mempercantik kuku, dengan menempelkan daun pacar air yang telah di tumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuning tua alami pada kuku.
Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda di setiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di daerah Sulawesi di sebut gofu, orang Jawa menyebutnya pacar banyu, sementara orang Betawi menyebut dengan kimhong.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman herba yang mempunyai banyak khasiat. Dalam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Tanaman ini memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah dalam kesehatan kita. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa manfaat ramuan berbahan pacar air :
-       - Tanaman ini mengobati depresan pada penyakit ayan (epilepsi). Untuk kasus ini bagian tanaman yang dimanfaatkan yakni akar tunggang sebanyak 7 buah dan 15 gram daun seribu kering. Campuran ini direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. Meminumnya ketika kambuh.
-       - Mengatasi Keputihan, caranya dengan merebus 30 g daun pacar air bersama 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.

-       - Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma) dengan cara menggiling sampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Ganti balutan 2-3 kali sehari.

-      - Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan, yakni dengan memanfaatkan  akar pacar air yang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.

-       - Mengobati Radang Usus buntu, dengan cara merebus 30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.

-       - Menyehatkan Kuku, caranya dengan menghaluskan seluruh bagian pacar air secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasa hinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

-       - Mengatasi Hipertensi, caranya dengan merebus 10 g bunga pacar air, 100 gr seledri dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya.

Pacar air ini memiliki kandungan lawson (2 hydroxil-1,4-naphthoquenone), 2 methoxy-1, manno heptulose dan 3-(2-carboxyphenyl)-3-oxopropionate. (disari dr berbagai sumber).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...