Kamis, 08 September 2016

Contoh Penyusunan Naskah Radio Penyuluhan Pertanian



Penyuluhan Pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya.




Tujuan Penyuluhan Pertanian mencakup tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan penyuluhan jangka pendek yaitu menumbuhkan perubahan-perubahan dalam diri petani yang mencakup tingkat pengetahuan, kecakapan, kemampuan, sikap, dan motivasi petani terhadap kegiatan usaha tani yang dilakukan. Tujuan penyuluhan jangka panjang yaitu peningkatan taraf hidup masyarakat tani sehingga kesejahteraan hidup petani terjamin.  Tujuan pemerintah terhadap penyuluhan pertanian adalah: meningkatkan produksi pangan, merangsang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan keluarga petani dan rakyat desa, mengusahakan pertanian yang berkelanjutan.


Media Penyuluhan pertanian, media penyuluhan adalah salurann yang menghubungkan penyuluh dengan materi penyuluhannya dengan petani yang sedang mengikuti penyuluhan.

 Ada banyak cara yang dilakukan dalam penyuluhan pertanian termasuk yang dilakukan melalui Siaran Radio Pedesaan sebagai media penyuluhan. Berikut contoh penyusunan naskah radio dalam penyuluhan pertanian.

 
NASKAH SIARAN RADIO
(IKLAN LAYANAN PENYULUHAN PERTANIAN)


“PELUANG USAHA INTEGRASI JAGUNG DAN TERNAK SAPI”



OLEH :
ICHSAN KURNIAWAN,SP





UPT BALAI PELAKSANA PENYULUHAN PERTANIAN PERIKANAN KEHUTANAN DAN KETAHANAN PANGAN
KECAMATAN IV KOTO
2013


Naskah Siaran Radio (Iklan Layanan Penyuluhan Pertanian)

JUDUL                  : PELUANG USAHA INTEGRASI JAGUNG DAN TERNAK SAPI
NASKAH             : ICHSAN KURNIAWAN, SP
DURASI               : 4 Menit                                                                                                                                                     

No
Pelaku/ jenis suara/ tempat
Teks suara
1.
Music pembuka (10 detik)
IN – UP – DOWN – OUT
Jingle Musik Minang (Musik Saluang)
2.
DI TERAS RUMAH SI ROS
SUARA ANGIN BERTIUP
3.
Si Ros
SETENGAH MERENGEK
Ayo da Jun… kapan nih kita nikah…? Dulu kan uda bilang kalo sudah pulang dari kota kita segera nikah, mana?  Lamaran orang semua udah Ros tolak da.. Karena nunggu uda…

KESAL
Eee… Uda bilang malah mesti tunggu cari kerja lagi…, Lama banget sih da… Keburu tua nanti Da
4.
Junaidi
SAMBIL MENGHELA NAFAS PANJANG
Ahhh, sabarlah dulu Ros.., Uda jadi pusing kalau begini…! Sekarang Uda kan masih menganggur, belum dapat kerja, Udah banyak lamaran yang uda kirim, tapi belum ada satupun yang membalas. Kalo kita nikah sekarang nanti kalau kita punya anak, mau dikasih makan apa?
5.
Si Ros
MENEKUR TERDIAM SEJENAK
Yaa…makan nasi lah da, masak makan pasir…
NGAMBEK
Ya sudah kalau gitu. Berarti Uda Jun nggak sayang sama Ros, nggak cinta. Kalau emang cinta, Uda pasti usahakan apapun asal kita jadi nikah. Yaah kalau kaya gini, kita putus ajalah Da Jun.., biar Ros kawin sama orang lain aja.
BERDIRI DAN MELANGKAH PERGI
6.
Junaidi
LANGSUNG BERDIRI DAN MENCEGAH
Ros dengar Uda dulu…
BERUSAHA LEBIH MENAHAN KEPERGIAN ROS
E..e..e.. iya..iya.. Ros jangan marah gitulah,  kita segera nikah Ros, tapi gimana dengan pekerjaan Da. Cuma itu yang Da pikirkan. Mau menghidupi anak orang pakai apa?
7.
Si Ros
TERDIAM
8.
Junaidi
Dan apa Bapakmu setuju? Dengan orang yang tidak punya pekerjaan.
9.
Si Ros
Ya Si Uda. Kalau setuju sudah pasti setuju.  Kalau pencarian, jangan bingung da. Uda bias usaha sendiri. Lagian keluarga uda punya lahan warisan tuh dibelakang rumah uda, luas kayaknya.., kenapa nggak pake aja tuk usaha tani da…?
10.
Junaidi
BINGUNG SEJENAK SAMBIL GARUK KEPALA
Hm…, Iya juga ya… Tapi mau kita Tanami apa?
11.
Si Ros
Apa saja Da.., seperti cabe, sayur manis atau jagung Da, kan gak lama tuh, 3 bulan 4 bulan dah bisa panen,  trus untuk meningkatkan hasilnya,  kita bisa sekalian pelihara sapi…, katanya sapi Simenthal prospeknya bagus selain itu juga limbah tanaman bisa dibuat untuk pakan sapi,dan limbah sapi bisa untuk pupuk tanaman da.., gmn? Kalau perlu kita bikin prabrik pupuk kompos sekalian, kan bisa dijual.
12.
Junaidi
Hah… Aduuu Ros, kamu kok banyak tau, tau yang begituan sampai kompos  segala itu darimana?
13.
Si Ros
Ya.., Bapak kan masuk kelompok tani da..,Ttiap minggu kan PPLnya, pak Ichsan datang tuk kasi kita pengarahan, nanti uda masuk kelompok tani deh, biar kita bisa banyak belajar…
14.
Junaidi
Kamu kenal sama PPL nya? Kantornya dimana? Kalo kenal aku mau ngobrol dengan beliau tentang ide ini…
15
Si Ros
Ya kenal dong Uda Jun sayang.., Ayok aku antarin ke tempat PPLnya..
16
DI BPP KOTO TUO
SUARA LANGKAH
17.
Ros dan Junaidi
Assalamu’alaikum..
18.
PPL
Wa’alaikumussalam, Eeh.. Ros, ada apa ini? Tumben sampai ke BPP ini, biasanya Pak Patiah, Bapakmu yang suka kesini...
17.
Si Ros
Ini.. da Junaidi mau ngobrol gmn kalo kita buka lahan jagung sama ternak sapi…
18.
PPL
Ooo... silahkan
MEMPERSILAHKAN DUDUK
19.
Junaidi
begini pak.. saya punya lahan sekitar setengah hektar pak.. kalo saya tanami jagung manis gimana menurut Bapak?
20.
PPL
Waaah wahh.. Bagus itu pak, jagung manis adalah tanaman yang sangat gampang untuk di pelihara dan mempunyai prospek yang bagus saat di panen, penanaman jagung manis relatif gampang. Setelah lahan dicangkul sampai halus, barulah ditugal dengan kedalaman tiga sentimeter untuk menaruh bibit yang akan ditanam. Kemudian, bibit ditimbun sekadarnya. Tekstur tanahnya harus gembur. Tidak boleh diinjak karena dapat menyebabkan tanah menjadi padat. Nahhh, kemudian setiap lubang diisi sebutir benih dengan jarak 20–70 sentimeter.
Dalam satu batang, jagung manis memiliki satu–tiga tongkol, tapi untuk menjaga agar buah maksimal satu batang ditinggalkan satu tongkol. Sedangkan buah muda bisa dipanen dan dijual untuk konsumsi sayur pada umur 50 hari. Selain itu juga daun jagung juga bisa dijual untuk pakan ternak.
21.
Junaidi
Berarti kalo kita tambah piara sapi akan lebih untung ya pak?
22.
PPL
Oh iya.., menempatkan dan mengusahakan sejumlah ternak sapi di areal tanaman pangan tanpa mengurangi aktivitas dan produktivitas tanaman tersebut, itu sangat baik.  bahkan keberadaan ternak sapi ini dapat meningkatkan produktivitas tanaman sekaligus meningkatkan produksi sapi itu sendiri. Ternak sapi memanfaatkan produk ikutan dan produk samping tanaman atau sisa-sisa hasil tanaman untuk pakan ternak dan sebaliknya ternak sapi dapat menyediakan bahan baku pupuk organik sebagai sumber hara yang dibutuhkan tanaman. Naaah….  limbah tanaman jagung dapat digunakan sebagai pakan sapi dalam beberapa cara, bisa sapi digembalakan di lading jagung, limbah dipanen dan langsung diberikan kepada sapi, atau dibuat silase atau di fermentasi… bagaimana caranya nanti bisa kita buat demontrasi cara di lapangan…
23.
Si Ros
MENGANGGUK ANGGUK SAMBIL MENOLEH KEPADA JUNAIDI
Gimana Da Jun udah mantap rencananya?
24.
Junaidi
SENYUM SENANG
Tterima kasih pak, nanti saya ikut pertemuan kelompok tanil ah, supaya bisa banyak belajar sambil memulai usaha ini… Kami permisi dulu ya pak.. Assalamu’alaikum..
MELANGKAH KELUAR
25.
PPL
Wa’alaikukussalam
26.
Si Ros
Jadi, gimana da, jadi kita nikahnyakan gak pake lama kan…?
27.
Junaidi
Iya..iya.. nanti malam uda ke rumah mu ngobrol dengan Bapak.. Uda udah mantap dengan rencana uda, jadi uang kerja uda di kota itu bisa buat modal buka usaha jagung dan beli sapi nantinya… semua ini karena ide cemerlang kamu, uda makin cinta sama kamu. Ngomong-ngomong PPL nya masih muda dan pintar ya…, Kamu kok kenal, emangnya kamu sering ikut pertemuan dengan Bapak ya..
28.
Si Ros
Hehehe…enggak uda, pak PPL itu kan…
TERHENTI SEJENAK
Hehe.. Pernah ngelamar Ros da...
SAMBIL SENYUM SENYUM
29.
Junaidi
Haahhhhh……….????
30
Musik penutup
IN – UP – DOWN – OUT

1 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus