Jumat, 16 September 2016

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENYULUHAN



Oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP
Media penyuluhan sendiri memiliki beberapa pengertian (1) merupakan semua sarana dan alat yang digunakan dalam proses penyampaian pesan/konten materi; (2) adalah wahana untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan perhatian/minat; (3) yakni adalah semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan.

Namun secara umu media penyuluhan dapat kita artikan sebagai alat bantu atau bahan penyuluhan yang akan disampaikan oleh para penyuluh kepada pelaku utama dan pelaku usaha dalam berbagai bentuk yang meliputi informasi, teknologi, rekayasa sosial, manajemen, ekonomi, hukum, dan kelestarian lingkungan.


Sebenarnya istilah media sendiri merujuk beberapa sumber berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari “medium” yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses penyuluhan ataupun proses belajar mengajar pada dasamya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.

Di era teknologi canggih ini penggunaan media penyuluhan pertanian tentu juga mengacu pada perkembangan zaman yang ada. Beberapa sumber mengelompokkan media penyuluhan pertanian dalam beberapa poin. Namun, tepatnya karena menyangkut panca indera, maka klasifikasi media penyuluhan yakni : (1) Media benda sesungguhnya, rangsangan melalui seluruh pancaindera antara lain: spesimen, monster, sample. (2) Media audio-visual rangsangan melalui indera pendengaran dan indera penglihatan antara lain : film, siaran televisi, video. (3) Media Visual, melalui indera penglihatan antara lain : film, slide, foto, poster. (4) Media Audio, rangsangan melalui indera pendengaran antara lain : kaset rekaman, siaran radio.

Dari keempat poin kategori media tersebut, masing-masingnya mempunyai kekurangan dan kelebihan. Namun media yang “komplet” dan mempunyai kemampuan cukup besar tentu audio-visual yang dapa memberikan ransangan kepada lebih dari satu indera. Hal ini tentu akan lebih mumpuni dalam penyampaian materi/ pesan yang akan kita sampaikan dengan tingkat daya serap audiences yang tinggi. Apalagi dengan dipadukan produk teknologi terkini seperti Laptop/ Komputer yang dipasangkan dengan layar dan in focus projector dan VCD/ DVD materi yang telah disusun. Maka rekomendasi teknologi pertanian dengan pemutaran video disertai peralatan di atas tentu akan lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada petani apalagi dalam format kelompok tani atau penyuluhan missal.

1 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus