Kamis, 09 Februari 2012

Kumis Si Meong yang Bermanfaat


Oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP

Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Bth.) adalah tanaman jenis semak pendek dengan batang yang agak berkayu dan berbulu halus ini, daunnya berbentuk bundar telur, seidkit lonjong dan memanjang. Tepi daun bergerigi dan berbulu halus dan ujung dan pangkalnya meruncing. Mungkin tanaman ini tidak sepopuler tanaman obat umum lainnya yang dikenal baik pada semua kalangan, namun saya yakin bahwa tanaman ini untuk orang-orang tua zaman dahulu cukup dikenal misalnya nenek/ kakek kita.

Bicara bentuk bunga dari tanaman ini, bunganya ini tersusun dalam bentuk tandan dalam jumlah banyak, berwarna putih keungunan. Buahnya keras memamnjang dan berkerut halus.
Di negara kita sebenarnya sebarannya sangat luas mulai daerah pinggiran pantai (dataran rendah) sampai pegunungan (800 mdpl). Habitat tanaman ini adalah tempat yang agak ternaungi/ teduh dan tidak kering. Beragam nama disebut untuk Kumis kucing antara lain Daun Sunguik Kuciang (Sumatera Barat), Singkir (Jawa Barat), Songel Koceng (Madura) dan Remujung untuk daerah Jawa Tengah.

Saya masih ingat, waktu masih sekolah SD, nenek pernah mengatakan bahwa tanaman yang kebetulan juga tumbuh di halaman saya bahwa “Daun Sunguik Kuciang” ini daun obat. Saya juga sering melihat nenek mengambil daunnya untuk direbus kemudian diminum airnya. Lalu sebenarnya apa sih manfaat tanaman ini?

Manfaat Kumis Kucing
Tanaman ini mempunyai manfaat terutama segi medis. Kandungan minyak atsiri, glikosida ortosofonin, spofonin, asam organik, minyak lemak, zat samak dan garam kalium di dalamnya membuat tanaman ini di kalangan herbalis sudah tentu sangat diakrabi karena mengobati penyakit penyakit vital. Kencing batu dan ginjal merupakan dua di antara penyakit tersebut yang di kalangan ahli herbal direkomendasikan untuk dimanfaatkan sebagai obat. Sifat diuretik (peluruh) dari daunnya membuat tanaman ini benar-benar ampuh sebagai obat kencing batu yang biasanya ramuannya juga dicampurkan dengan tempuyung dan keji beling.

(Ichsan K, dari berbagai Sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...