Senin, 29 April 2013

Mengetahui Sifat Pupuk



Oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP

Dok. BPP Koto Tuo Kecamatan IV Koto Agam

Beberapa waktu yang lalu pada artikel Pertanian Organik I, kita telah membahas tentang kaidah pertanian organik dan menyinggung sedikit tentang urea. Pada hakikatnya saya mengajak pembaca/ petani untuk lebih memahami dahulu suatu saprodi sebelum kita bulatkan niat untuk memakainya dalam berusaha tani.

Beberapa sifat dasar dari sarana produksi sebenarnya sangat penting untuk diketahui seperti sifat dasar dari penggunaan pupuk dan pestisida. Hal ini akan memudahkan dalam pemilihan aplikasi yang tepat bila terjadi sesuatu pada tanaman. Dari gejala-gejala yang ada kita dapat mengambil langkah yang tepat. Atau misalnya dalam waktu pengaplikasian. Tampaknya memang sepele, tapi hal ini tentu berpengaruh bagi efektivitas pemakaian sarana produksi kita.

Ada beberpaa sifat-sifat penting pupuk yang perlu kita ketahui. Mari kita bahas beberapa pupuk umum yang dipakai oleh petani.
    1. Pupuk Urea
Unsur N dalam pupuk urea berbentuk senyawa NH4+ , yang mempunyai sifat: mudah menguap. Mempupuk urea dengan disebar menyebabkan kehilangan unsur N untuk tanaman sebesar 40 %.

    1. Pupuk TSP
Unsur P mempunyai sifat tidak segera diserap oleh tanaman. Jadi pemupukan P yang dilakukan bersamaan dengan N dengan harapan segera memberikan hasil adalah sia-sia. Pada saat panen unsur P masih tersisa banyak di tanah.

    1. Pupuk KCl
Unsur K adalah unsur yang mahal karena ketersediaannya di alam sangat terbatas dibanding kebutuhan tanaman. Sifatnya tidak mudah berubah. Sumber K selain KCl adalah air irigasi dan abu. Terkadang bisa digantikan oleh garam dapur (dalam porsi sangat sedikit).


(disari dari Materi Pelatihan Pertanian Organik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...