Rabu, 11 Januari 2017

Pemangkasan Pemeliharaan pada Tanaman Kakao

oleh : ICHSAN KURNIAWAN,SP 


Pemangkasan produksi pada budidaya tanaman kakao adalah pemangkasan cabang-cabang yang tidak produktif. Pemangkasan produksi agar unsur hara yang tersedia dapat digunakan untuk perkembangan buah secara optimal.
Tujuan utama dari pemangkasan produksi adalah untuk meningkatkan produktifitas daun dalam membentuk dan mengelola makanan hingga mampu menghasilkan berbentuk bunga dan buah. Pemangkasan dilakukan dengan mengusahakan agar daun-daun kakao produktif menyebar secara merata dan mengurangi daun-daun yang kurang produktif. Daun-daun yang kurang produktif adalah daun-daun yang tempatnya tidak terkena sinar matahari.
Hal yang penting sebelum melakukan pemangkasan produksi adalah jangan melakukan pemangkasan berat pada saat tanaman kakao berada pada puncak pembungaan, puncak perkembangan pentil atau buah kecil, atau pada musim kemarau. Usahakan juga jangan membuka tajuk yang melindungi pencabangan jorquet.
Pemangkasan produksi berkesinambungan dengan pemangkasan pemeliharaan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan produktivitas tanaman. Pemangkasan produksi dilakukan dengan memangkas daun-daun agar tidak terlalu rimbun sehingga sinar matahari bisa tersebar merata ke seluruh organ daun. Dengan demikian, proses fisiologis terpenting dari tanaman, yaitu fotosintesis bisa berjalan lancar sehingga sirkulasi makanan dari daun keseluruh organ tanaman juga lancar. Tanamanpun akhirnya dapat berproduksi secara optimal.
A.    Alat dan Bahan yang Digunakan dalam Melakukan Pemangkasan.
1.      Gunting pangkas                              
2.      Gergaji potong     
3.      Parang   
4.      Tanaman Kakao yang sudak berproduksi yang akan dipangkas
B.     Langkah Kerja
Pemangkasan produksi dilakukan dua kali dalam setahun yaitu pada ahir musim kemarau dan pada awal musim penghujan dengan cara :
1.      Pangkaslah sebagian daun yang rimbun dengan cara memotong ranting-ranting yang terlindung dan menaungi hingga 25-50 persen
2.      Pangkas daun yang menggantung dan menghalangi aliran udara dalam kebun hingga cabang kembali terangkat.
3.      Potong cabag yang tumbuh meninggi (lebih dari 3-4 meter)
Setelah pemangkasan produksi tersebut, tanaman kakao akan bertunas intensif dan setelah tunas-tunasnya menua tanaman akan segera menua.

1 komentar:

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...