Jumat, 28 Maret 2014

Arahan Kebijakan Dan Program Kementan Tahun 2014

Menteri Pertanian Suswono mepaparkan tantangan dalam pembangunan pertanian ke depan yang tidaklah mudah dan sangat dipengaruhi kondisi perekonomian nasional yang belum menggembirakan.

Selain itu, Saat ini pemerintah sedang melaksanakan penghematan anggaran, direncanakan pemotongan anggaran Kementerian Pertanian sebesar Rp. 1,44 Trilyun pada tahun 2013. Sementara itu, berdasarkan pagu indikatif tahun 2014 anggaran Kementerian Pertanian juga mengalami penurunan yang cukup besar  (17,6%) dibandingkan tahun 2013, dimana pada pagu indikatif tahun 2014 anggaran pembangunan pertanian ditetapkan sebesar Rp 15,40 Trilyun.

Di hadapan 1.239 orang peserta Musrenbangtan Tahun 2013, Mentan menyampaikan arahan kebijakan dan program Kementan tahun 2014. Dengan kondisi keterbatasan yang ada, agar dalam merancang kegiatan tahun 2014, kita dituntut untuk lebih fokus dan memprioritaskan pada pencapaian target-target nasional, yaitu: (1) penuhi kebutuhan program untuk pencapaian swasembada padi, jagung, kedelai, tebu dan sapi; (2) arahkan untuk pencapaian percepatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor; (3) jangan kurangi sasaran Prioritas Nasional 2014 antara lain kegiatan SL-PTT, SRI, cetak sawah, optimasi lahan, pengembangan irigasi, perluasan areal kedelai, bongkar dan rawat ratoon tebu; dan (4) tetap mendukung program tematik nasional seperti kegiatan pengembangan Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular; pengembangan koridor ekonomi; percepatan pengentasan kemiskinan,  pencapaian target MDG’s; pembangunan daerah tertinggal dan wilayah perbatasan, serta percepatan pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Link Sumber : Perencanaan Setjen Deptan

1 komentar:

  1. Salam kenal dari Lampung,
    Jika Berkenan, Silahkan mengunjungi dan berbagi di Blog Calon Petani

    http://tulisancalonpetani.blogspot.com/

    BalasHapus

PERKEMBANGAN POPULASI HAMA TIKUS

Ichsan Kurniawan,SP, M.Si Tanaman padi ( Produsen ) akan lebih cepat habis karena jumlah tikus banyak sedangkan pemangsa tikus ( Ular ) mu...